Rabu, 31 Agustus 2011

Pengaruh Musik Klasik pada Anak

   Penelitian membuktikan bahwa musik, terutama musik klasik sangat mempengaruhi perkembangan IQ (Intelegent Quotien) dan EQ (Emotional Quotien). Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosional dan intelegensinya dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Yang dimaksud musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada-nada yang teratur, bukan nada-nada "miring". Tingkat kedisiplinan anak yang sering mendengarkan musik juga lebih baik dibanding dengan anak yang jarang mendengarkan musik.

Grace Sudargo, seorang musisi dan pendidik mengatakan, "Dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, bahkan raga manusia".

Penelitian menunjukkan, musik klasik yang mengandung komposisi nada berfluktuasi antara nada tinggi dan nada rendah akan merangsang kuadran C pada otak. Sampai usia 4 tahun, kuadran B dan C pada otak anak-anak akan berkembang hingga 80 % dengan musik.

"Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Musik memiliki 3 bagian penting yaitu beat, ritme, dan harmony", demikian kata Ev. Andreas Christanday dalam suatu ceramah musik. "Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh". Contoh paling nyata bahwa beat sangat mempengaruhi tubuh adalah dalam konser musik rock. Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser musik rock yang tubuhnya tidak bergerak. Semuanya bergoyang dengan dahsyat, bahkan cenderung lepas kontrol. Kita masih ingat dengan "head banger", suatu gerakan memutar-mutar kepala mengikuti irama music rock yang kencang. Dan tubuh itu mengikutinya seakan tanpa rasa lelah. Jika hati kita sedang susah, cobalah mendengarkan musik yang indah, yang memiliki irama (ritme) yang teratur. Perasaan kita akan lebih enak dan enteng. Bahkan di luar negeri, pihak rumah sakit banyak memperdengarkan lagu-lagu indah untuk membantu penyembuhan para pasiennya. Itu suatu bukti, bahwa ritme sangat mempengaruhi jiwa manusia. Sedangkan harmony sangat mempengaruhi roh. Jika kita menonton film horor, selalu terdengar harmony (melodi) yang menyayat hati, yang membuat bulu kuduk kita berdiri. Dalam ritual-ritual keagamaan juga banyak digunakan harmony yang membawa roh manusia masuk ke dalam alam penyembahan. Di dalam meditasi, manusia mendengar harmony dari suara-suara alam disekelilingnya. "Musik yang baik bagi kehidupan manusia adalah musik yang seimbang antara beat, ritme, dan harmony", ujar Ev. Andreas Christanday.

Seorang ahli biofisika telah melakukan suatu percobaan tentang pengaruh musik bagi kehidupan makhluk hidup. Dua tanaman dari jenis dan umur yang sama diletakkan pada tempat yang berbeda. Yang satu diletakkan dekat dengan pengeras suara (speaker) yang menyajikan lagu-lagu slow rock dan heavy rock, sedangkan tanaman yang lain diletakkan dekat dengan speaker yang memperdengarkan lagu-lagu yang indah dan berirama teratur. Dalam beberapa hari terjadi perbedaan yang sangat mencolok. Tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu rock menjadi layu dan mati, sedangkan tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu indah tumbuh segar dan berbunga. Suatu bukti nyata bahwa musik sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup.

Alam semesta tercipta dengan musik alam yang sangat indah. Gemuruh ombak di laut, deru angin di gunung, dan rintik hujan merupakan musik alam yang sangat indah. Dan sudah terbukti, bagaimana pengaruh musik alam itu bagi kehidupan manusia.

Contoh Karya Robert Schumann


Rabu, 17 Agustus 2011

Biografi Robert Schumann dan karya-karyanya


       Orang tua Schumann tidak musik tapi mereka mendorong minatnya pada musik dengan pelajaran piano dari usia 10. Namun keluarganya kemudian akan dilanda tragedi. Ketika Schumann di usia remaja, ayahnya meninggal dan adiknya bunuh diri secara berurutan, peristiwa yang memiliki dampak yang mendalam pada musisi muda. Awalnya musik untuk mengambil kursi belakang dalam hidupnya. Untuk subjek utama ia belajar hukum di Leipzig sementara secara bersamaan melanjutkan studi musiknya. Salah satu guru musiknya adalah Friedrich Wieck yang putrinya Clara menunjukkan bakat besar di piano sementara dia hanya 9 tahun. Sebuah tragedi lebih lanjut untuk memukul Schumann ketika kecelakaan yang rusak salah satu tangannya dan manja peluangnya sebagai seorang pianis. Beberapa akun menyalahkan perangkat ia digunakan untuk memperkuat jari-jarinya, namun teori lain menunjukkan keracunan merkuri sebagai efek samping pengobatan sifilis nya. Setelah kecelakaan itu, Schumann adalah untuk lebih berkonsentrasi pada menulis.
Robert dan Clara Schumann Schumann mempertahankan hubungannya dengan Wiecks dan ketika Clara dari usia yang tepat, ia berusaha untuk menikahinya, tapi ayahnya melarangnya. Setelah tindakan hukum, Schumann mampu menikahinya tak lama sebelum ulang tahunnya ke-21 nya. Meskipun Clara sangat berbakat di kanan sendiri baik sebagai pianis dan komposer, karirnya menjadi sekunder dengan suaminya dan ada saran bahwa kecemburuan Robert adalah faktor dalam menghambat kariernya. Namun demikian serta membesarkan tiga anak Clara memainkan peran penting dalam musik klasik, melalui saran ahli dan dorongan untuk komposer lainnya termasuk Brahms misalnya. Meskipun Schumann terdiri banyak musik berharga, ia menderita penyakit mental dengan periode keraguan diri dan depresi bunuh diri. Setelah mencoba bunuh diri ia berkomitmen untuk suaka di mana ia meninggal dua tahun kemudian menderita tahap selanjutnya dari symphilis. Schumann karir dan bekerja:
Robert dan Clara Schumann - Robert Schumann potret adalah seorang komponis tegas dari periode Romantis, sering mengadopsi bebas "puitis" gaya untuk karya-karyanya. Mereka memiliki struktur dan logika, namun mewakili "arus kesadaran" ekspresif daripada terikat oleh pandangan klasik bentuk. Selama karirnya singkat, ia bekerja sebagai profesor piano di Konservatorium Leipzig di bawah Mendelssohn dan juga kemudian sebagai konduktor. Mulai lebih lambat dari beberapa komposer lain, ia berusia tiga puluhan sebelum ia mulai untuk menulis karya konser yang lebih besar, tapi ia menyelesaikan empat simfoni, terkenal piano concerto, ruang beberapa karya, lagu dan siklus lagu dan kekayaan karya yang lebih pendek untuk piano. Schumann memiliki minat yang besar dalam sastra, filsafat dan seni. Dia juga dicapai di kalangan jurnalistik sebagai kritikus musik, dan dalam kapasitas bahwa ia mengakui dan mempromosikan bakat dari Chopin, Brahms dan Berlioz.
Piano Quintet Schumann sangat dianjurkan untuk luas dan kompleksitas emosi nya. Itu juga tanah-melanggar sebagai karya penting pertama dari jenis ini dengan komposer besar. Instrumentasi ini terdiri dari String Quartet yang normal (2 biola, biola alto dan cello) ditambah piano. Quintet sebelumnya Schubert Trout adalah untuk kombinasi yang berbeda dari instrumen yang termasuk double bass. Beberapa komposer kemudian mengikuti jejak Schumann termasuk Brahms, Dvorak, Faure, Elgar dan Shostakovich.

* Robert Schumann - potret 2 4 Symphonies - termasuk No.1 "Spring" dan No.3 "Rhein"
* Piano Concerto - A minor seperti yang Grieg
Cello Concerto *
* Pengantar dan Allegro
* Konzertstuck
* Piano bekerja - banyak ini termasuk Carnaval, Papillon, Fantasiestucke, Etude Symphoniques, Kreisleriana, Fantasie di C (didedikasikan untuk Liszt), Adegan Anak dan Album untuk generasi muda
* Lagu - banyak dari mengeksplorasi minatnya dalam sastra dan puisi termasuk Dichterliebe Op. 48 (Siklus Song) dan Leben Frauenliebe dan Op. 42 (Hidup Perempuan dan Cinta)
* Piano Quintet - seperti disebutkan di atas, tanah-melanggar dan merekomendasikan
Untuk mendengarkan lebih lanjut, album Cary Chow Zirkus terdiri dari piano solo karya Carnaval dan Kreisleriana, merupakan tempat yang sangat baik untuk memulai. Contoh musik oleh Robert Schumann:
Untuk saat ini, kami telah memilih untuk mewakili karya-karya Robert Schumann dalam katalog mfiles dengan mengacu pada karya sederhana nya piano untuk anak-anak. Ini sangat dicintai potongan telah dalam repertoar pianis mahasiswa selama bertahun-tahun dan tidak diragukan lagi akan terus begitu.
Nya "Kinderszenen" atau "Adegan Anak" Op.15 adalah koleksi awal yang terdiri dari 13 buah:

* No 1 - Tentang Tanah Aneh dan Orang (Von Fremden Landern und Menschen)
* No 7 - Reverie atau Traumerei (biasanya dikenal dengan judul Jerman-nya)
The "Album untuk Muda" Op. 68 koleksi 43 buah kemudian ditulis untuk ketiga putrinya:

* No 2 - Prajurit Maret (Soldatenmarsch)
* No 18 - Lagu dari penuai (Schnitterliedchen)
Untuk contoh lebih lanjut dari musik piano Robert Schumann, kami menyarankan volume ini yang baik di Lembar Music Plus:

* Robert Schumann piano yang bagus bekerja
* Piano musik Robert Schumann seri 1

Rabu, 10 Agustus 2011

contoh musik klasik

Ciri musik klasik

Ciri-ciri Zaman musik Klasik:
a. Penggunaan dinamika dari Keras menjadi Lembut, Crassendo dan Decrasscendo.
b. Perubahan tempo dengan accelerando (semakin Cepat) dan Ritarteando (semakin lembut).
c. Pemakaian Ornamentik dibatasi 
d. Penggunaan Accodr 3 nada.

   sumber: http://viryacarvalho.com/index.php?option=com_content&view=article&id=100:sejarah- perkembangan-musik-klasik-dunia&catid=4:musik&Itemid=4

sejarah musilk klasik

Zaman Klasik atau Periode Klasik dalam sejarah musik Barat berlangsung selama sebagian besar abad ke-18 sampai dengan awal abad ke-19. Walaupun istilah musik klasik biasanya digunakan untuk menyebut semua jenis musik dalam tradisi ini, istilah tersebut juga digunakan untuk menyebut musik dari zaman tertentu ini dalam tradisi tersebut. Zaman ini biasanya diberi batas antara tahun 1750 dan 1820, namun dengan batasan tersebut terdapat tumpang tindih dengan zaman sebelum dan sesudahnya, sama seperti pada semua batasan zaman musik yang lain.
Zaman klasik berada di antara Zaman Barok dan Zaman Romantik. Beberapa komponis zaman klasik adalah Joseph Haydn, Muzio Clementi, Johann Ladislaus Dussek, Andrea Luchesi, Antonio Salieri dan Carl Philipp Emanuel Bach, walaupun mungkin komponis yang paling terkenal dari zaman ini adalah Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven.

Rabu, 03 Agustus 2011

Contoh Musik Rock


Ciri Khas Musik Rock

Ciri khas rock and roll adalah pada ketukan (beat) yang biasanya dipadu dengan lirik. Rock and roll menggunakan beat yang didasarkan salah satu ritme musik blues yang disebut boogie woogie ditambah aksen backbeat yang hampir selalu diisi pukulan snare drum. Versi klasik dari rock and roll dimainkan dengan satu atau dua gitar listrik, gitar bas listrik, dan drum set. Perangkat kibor sering dimainkan sebagai alat musik tambahan. Bila dimainkan dengan dua gitar listrik, gitar listrik yang dimainkan untuk memberi melodi disebut guitar lead, sedangkan gitar untuk memberi ritme dan harmoni disebut gitar ritme. Saksofon sering dijadikan instrumen melodi pada gaya rock and roll awal tahun 1950-an, tapi digantikan perannya oleh gitar elektrik di pertengahan tahun 1950-an. Di akhir tahun 1940-an, bentuk awal rock and roll bahkan memakai piano sebagai instrumen melodi. Salah satu cikal bakal rock and roll adalah musik boogie woogie dengan piano sebagai melodi, seperti permainan musik berbagai kelompok big band yang mendominasi dunia musik Amerika dekade 1940-an. Kepopuleran rock and roll secara massal dan mendunia ternyata menimbulkan dampak sosial yang tidak terduga. Rock and roll bukan saja memengaruhi gaya bermusik, tapi sekaligus gaya hidup, gaya berpakaian, dan bahasa. Selain sukses di dunia musik, bintang-bintang di periode awal rock and roll juga sukses di dunia film dan televisi. Elvis Presley, misalnya merupakan bintang rock and roll yang sukses sebagai bintang film dan televisi

Sejarah Musik Rock

Rock and roll mulai muncul sebagai gaya baru dalam bermusik di Amerika pada akhir tahun 1940-an sebagai percabangan musik country dan western produk budaya orang Amerika berkulit putih, dan musik rhythm and blues (R&B) yang merupakan produk budaya orang Afrika-Amerika. Unsur-unsur rock and roll sebenarnya sudah bisa didengar pada lagu-lagu country tahun 1930-an dan lagu-lagu blues dari tahun 1920-an. Walaupun demikian, genre musik yang baru ini tidak disebut "rock and roll" hingga di tahun 1950-an. Bentuk awal rock and roll adalah rockabilly yang memadukan unsur-unsur R&B, blues, jazz, dan dipengaruhi musik folk Appalachia serta musik gospel. Bila ditelusur lebih jauh lagi, cikal bakal musik rock and roll bisa ditemukan di daerah slum Five Points, kota New York pada pertengahan abad ke-19. Di daerah tersebut untuk pertama kalinya terjadi percampuran antara tari Afrika yang ritmis dengan musik Eropa, khususnya musik untuk tari rakyat jig asal Irlandia yang sangat melodius.
Penyanyi gospel berkulit hitam dari daerah Selatan Amerika Serikat menggunakan istilah "rocking" untuk menyebut sesuatu yang mirip dengan proses pengangkatan yang akan dialami orang yang percaya di akhir zaman. Istilah "rocking" pada akhir dekade 1940-an menjadi bermakna ganda, "menari" dan juga "seks", seperti pada lirik lagu "Good Rocking Tonight" yang dibawakan pemusik blues Roy Brown. Lagu seperti ini biasanya hanya diputar stasiun radio yang menyiarkan musik orang Afrika-Amerika dan jarang didengar kalangan orang berkulit putih.
Pada dekade 1920-an dan 1930-an, orang kulit putih di Amerika banyak menyenangi pemusik berkulit putih yang memainkan musik jazz and blues milik orang Afrika-Amerika. Musik yang sama namun bila dimainkan pemusik berkulit hitam justru sering tidak mendapat sambutan. Pemusik R&B berkulit hitam yang digemari orang berkulit putih cuma sedikit, di antaranya yang menonjol adalah Louis Jordan, Mills Brothers, dan The Ink Spots. Semasa lagu-lagu baru belum banyak diciptakan, lagu hit di awal era rock and roll banyak merupakan rekaman ulang dari lagu R&B atau blues yang sudah dikenal sebelumnya. Genre musik blues nantinya terus memberi inspirasi bagi para pemusik rock. Pemusik blues bergaya Delta blues seperti Robert Johnson dan Skip James menjadi inspirasi bagi pemusik rock Inggris The Yardbirds, Cream, dan Led Zeppelin.
Di tahun 1951, Alan Freed, seorang DJ di Cleveland, Ohio mulai memutar jenis musik yang diperkirakannya bisa disukai pendengar dari berbagai kalangan dan ras. Alan Freed disebut-sebut sebagai orang yang pertama kali menggunakan istilah "rock and roll" untuk musik R&B yang gembira dan energetik. Sewaktu bekerja sebagai DJ di stasiun radio WJW di Cleveland, Alan Freed mengadakan konser rock and roll yang pertama. Konser dilangsungkan 21 Maret 1952 dan diberi nama "The Moondog Coronation Ball". Acara dihadiri penonton yang sebagian besar orang Afrika-Amerika, tapi harus diakhiri sewaktu baru saja mulai karena penonton yang luar biasa padat. Setelah konser yang pertama sukses, Alan Freed terus mengadakan berbagai pertunjukan rock and roll yang banyak ditonton orang berkulit hitam dan berkulit putih. Pertunjukan seperti ini membantu penyebaran gaya musik Afrika-Amerika di berbagai kalangan.
Pengamat musik sering berdebat mengenai pemusik yang berhak dicatat sebagai pembuat rekaman rock and roll yang pertama. Sister Rosetta Tharpe sudah merekam musik yang penuh dengan teriakan dan hentakan di tahun 1930-an dan 1940-an. Gaya bermusiknya mirip dengan ciri khas rock and roll di pertengahan tahun 1950-an. Sister Rosetta sudah menduduki tangga lagu pop di tahun 1938 dengan lagu-lagu berirama gospel seperti "This Train" dan "Rock Me", serta dilanjutkan di tahun 1940-an dengan "Strange Things Happenin Every Day", "Up Above My Head", dan "Down By The Riverside". Pemusik lain yang menyanyikan lagu gospel/blues dengan iringan piano boogie adalah Big Joe Turner dengan "Roll 'em Pete". Lagu ini direkamnya di tahun 1939, tapi hampir-hampir tidak bisa dibedakan dengan gaya rock and roll tahun 1950-an. Artis yang merilis rekaman mirip rock and roll pada dekade 1940-an dan awal tahun 1950-an, di antaranya: Roy Brown ("Good Rocking Tonight", tahun 1947), Paul Bascomb ("Rock and Roll", 1947), Fats Domino ("The Fat Man," 1949), Big Joe Turner ("Honey, Hush", 1953, dan "Shake, Rattle and Roll", 1954), serta Les Paul and Mary Ford ("How High the Moon," 1951).
Artikel majalah Rolling Stone terbitan tahun 2004 menyatakan singel pertama Elvis Presley produksi Sun Records yang berjudul "That's All Right (Mama)" adalah rekaman rock and roll yang pertama.[1]. Sementara itu, lagu hit "Bo Diddley" dan "I'm A Man" oleh Bo Diddley dikatakan sebagai perintis beat baru yang menghentak, serta memperkenalkan cara bermain gitar yang unik dan menjadi inspirasi bagi pemusik lain.
Lagu "Rock Around the Clock" oleh Bill Haley adalah lagu rock and roll pertama yang menduduki puncak tangga lagu majalah Billboard untuk angka penjualan dan jumlah pemutaran lagu (airplay) di radio. Bill Haley membuka pintu bagi gelombang baru kebudayaan pop yang disebut rock and roll. Pemusik-pemusik lain yang menciptakan lagu hit di periode awal rock and roll adalah Chuck Berry, Little Richard, dan kelompok vokal bergaya doo-wop. Sementara itu, di dunia musik pop berjaya para penyanyi yang sudah menjadi bintang sejak dekade sebelumnya, misalnya Eddie Fisher, Perry Como, dan Patti Page. Di periode awal rock and roll, mereka mulai menemui kesulitan menempatkan lagu-lagu pop di tangga lagu akibat terhalang lagu rock and roll.
Musik rock and roll dan boogie woogie keduanya menggunakan satu bar (birama) delapan ketuk dan sama-sama memainkan progresi kord blues 12-bar. Walaupun demikian, rock and roll lebih menekankan pada backbeat dibandingkan boogie woogie. Little Richard memadukan piano boogie-woogie dengan backbeat yang berat dan menyanyikannya dengan suara berteriak akibat terpengaruh gaya menyanyi musik gospel. Pemusik seperti Ray Charles dan Smokey Robinson memuji gaya bernyanyi Little Richard yang dikatakannya membawa warna baru dalam musik. James Brown memuji Little Richard sebagai pemusik yang pertama kali memasukkan unsur musik funk ke dalam beat rock and roll. Elvis Presley turut menyebut Little Richard sebagai sumber inspirasi. Walaupun demikian, perpaduan unsur-unsur musik seperti yang dilakukan Little Richard bukan hal yang baru. Sebelum Little Richard, sudah banyak sekali pemusik yang melakukan hal yang sama, misalnya Esquerita, Cecil Gant, Amos Milburn, Piano Red, dan Harry Gibson. Gaya liar Little Richard dalam berteriak dan menyerukan "wuuu wuuu," sebenarnya sudah digunakan Marion Williams dan banyak lagi penyanyi gospel wanita di tahun 1940-an. Roy Brown juga sudah meneriakan "yoooooww" jauh sebelum Richard melakukannya dalam lagu "Ain't No Rockin no More".