Rabu, 20 Juli 2011

ciri-ciri musik jazz

Sampai saat ini, bagian dari ritmik utamanya yang membuat jenis musik ini melaju sangat pesat dan meluas melewati batas ke Amerika adalah bentukan musik Cuba bergaya rumba, cha cha cha, songo, bolero, guaracha, son montuno (termasuk juga mambo dan salsa) termasuk juga kontribusi ritme dari Brazil (samba, bosa nova).
Begitu banyak karakteristik yang dapat mendefinisikan cakupan jazz latin dari avant garde (Emiliano Salvador, Hermeto Pascual, dll) sampai bentuk yang lebih populer (Poncho Sanchez, Tito Puente, dll.).. Dibandingkan dengan musik yang populer yang berisikan melodi yang sederhana, chord progression yang sederhana dan hampir tanpa improvisasi, latin jazz terdengar lebih rumit. Jazz latin mengandung musik dengan campuran instrumen (instrumental hybrid) dan berisikan harmoni jazz yang lebih progresif digunakan di dan semua struktur ritmis, dicampurkan dengan sedikir improvisasi, dan percampuran berbasis ritme Afrika dan perkembangan semua jenis musik Amerika latin.
Musik populer Brazilian berisikan ritme samba dan atau bossa nova, sama terkenalnya dengan musik populer
Kuba yang lain, juga salsa atau musik dansa tropis yang sering beraroma mistis untuk jazz latin.
Beragamnya gaya dari jazz latin sering kali membingungkan penggemarnya yang fanatik sekalipun.
Yang ada atau karakteristik dari jazz latin:
  • Musik berinstrument hybrid
  • Berisikan harmoni jazz progressive menggunakan aransemen struktur struktural ritme yang beragam
  • Berisikan ritme Afrika yang terus berkembang dengan diaspora Latin Amerika
  • Memperkenankan penggunaan improvisasi gaya jazz dalam kerangka kerja dan variasi dari bentuk keduanya
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Jazz_latin

sejarah musik jazz

Musik jazz merupakan pertemuan antara musik Eropa dan musik Afrika yang berkembang dari kehidupan masyarakat kulit hitam di Amerika yang tertindas. Kelahiran aliran musik ini dipengaruhi oleh tribal drums, musik gospel, blues dan juga field hollers. Instrumen dasar musik jazz awalnya menggunakan alat-alat musik marching band yang di pakai untuk mengiringi upacara pemakaman warga komunitas Afrika Amerika di New Orleans. Anggota marching band ini sebagian merupakan musisi dalam kelompok-kelompok musik jazz awal yang belajar secara otodidak dan berperan penting pada
awal perkembangan musik jazz

Pada awalnya musik ini identik dengan hal-hal negatif yang berbau seks/ perempuan nakal maupun tempat-tempat hiburan malam sehingga mendapat sebutan "jazz". Sebagian besar musisi jaz awal memainkan musik mereka di berbagai bar dan klub malam di kawasan lokalisasi sekitar Basin Street, New Orleans (Storyville). Tetapi kemudian musik ini menjadi sebuah musik yang baik dalam komposisi maupun improvisasi yang merefleksikan melodi-melodi secara spontan. Bahkan saat ini jazz mempunyai kesan eksklusif, berkelas dan terhormat.

Musik jazz berawal dari New Orleans dan mendapat pengaruh dari berbagai musik di sana. Sebuah lelucon namun sangat dipercaya adalah bahwa musik jazz memulai masanya setelah seorang pemilik kedai rambut di New Orleans yang bernama Buddy Bolden meniup cornet miliknya, hingga setengah abad kemudian musik jazz memberi banyak kontribusi di dunia musik, di pelajari di berbagai universitas dan akhirnya menjadi salah satu aliran musik yang di perhitungkan.

Pada tahun 1919 musisi jazz dari New Orleans yaitu Kid Ory's Original Creole Jazz Band konser di San Fransisco dan Los Angeles, California. Dan pada tahun 1922 mereka menjadi band kulit hitam pertama asal New Orleans yang membuat rekaman. Saat itu jazz sudah mulai populer, berkembang dan mulai dilirik musisi kulit putih. Kolaborasi pertama antara musisi kulit hitam dan kulit putih terjadi pada tahun 1926 saat Jelly Roll Morton melakukan rekaman bersama dengan New Orleans Rhythm Kings. Pada masa yang sama jazz sudah mulai dimainkan dalam format orkestra atau big band, tak hanya dengan band kecil terdiri dari empat atau lima orang saja. Band-band jazz terkenal yang mempengaruhi lahirnya Swing adalah Fletcher Henderson band dan Duke Ellington band di New York serta Earl Hines dari Chicago.

Pada awal tahun 1930 sebagian besar kelompok band yang beraliran jazz mulai mengadopsi style swing. Swing adalah aliran jazz yang berkembang pada 1930 dan menjadi aliran tersendiri lima tahun kemudian. Swing menjadi musik paling populer di Amerika pada akhir 1930 hingga akhir1940-an. Popularitas swing menurun karena terjadinya perang dunia II yang mengakibatkan sulitnya mengumpulkan musisi untuk membentuk sebuah big band, biaya tour big band saat itu sangat mahal serta terjadinya aksi mogok serikat musisi pada tahun1942-1948 sehingga tidak ada rekaman resmi yang diproduksi. Swing kemudian berubah menjadi aliran baru yaitu jump blues dan bebop.

Sementara itu di gaya jazz eropa mulai berkembang di Perancis dengan munculnya Quintette Du Hot Club De France pada 1934. Legenda gitar Belgia bernama Django Reinhardt mempopulerkan Gypsi jazz (campuran swing Amerika dan musik dansa Perancis di tambah musik rakyat Eropa Timur). Selain itu juga ada latin jazz (kombinasi Afrika, Amerika latin, musik jazz, Harmoni klasik Amerika latin,kepulauan Karibia, Eropa dan Amerika).

Sekitar tahun 1940-an para musisi jazz muda menciptakan gaya musik baru yang berbeda dari gaya musik swing, mereka mengubah jazz dari sekedar musik dansa menjadi musik yang lebih bercita rasa seni dan sedikit rumit. Gaya ini disebut bibop dan merupakan musik untuk didengar bukan untuk berdansa.

Pada tahun yang sama para musisi jazz mulai memasukan unsur-unsur ragtime ke dalam berbagai karya mereka. Ragtime adalah aliran musik asli Amerika yang pernah populer antara tahun 1897-1918. Ragtime pada awalnya dimainkan di berbagai bar dan klub malam kelas rendah di St Louis dan New Orleans oleh orang-orang kulit hitam yang tidak memperoleh pekerjaan setelah perbudakan di Amerika Serikat dihapuskan.

sumber:http://literatursejarah.blogspot.com/2010/01/sejarah-musik-jazz.html

contoh musik jazz


Selasa, 19 Juli 2011

Sejarah Musik POP

Sejarah Musik Pop di Dunia

30 Sep
Musik pop atau Musik populer adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyak bersifat komersial.
Musik Pop pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1920 di mana rekaman pertama kali dibuat berdasarkan penemuan Thomas Edison.
Ragtime di Amerika Serikat sejak 1890. Musik Ragtime atau Cincang-Babi, adalah musik Amerika yang dipengaruhi oleh etnis Afrika-Amerika dan musik klasik Eropa. Musik ini mulai terkenal di daratan Amerika sekitar tahun 1890 hingga 1920. Musik ini mempuyai tempo atau irama yang cepat dengan dominasi sinkopasi, namun ada juga yang berirama agak lamban.
Biasanya musik ini dimainkan khusus dengan piano, gaya cincang-babi, dan para pianis dan pencipta antara lain Scott Joplin (1868-1917), James Scott (1885-1938), dan Joseph Lamb (1887-1959).
Setelah Perang Dunia I berakhir (1918), maka musik baru di benua Amerika lahir yang disebut dengan Musik Populer. Musik ini terutama sebagai musik lantai dansa yang pada waktu itu menjadi populer sekali dan digemari oleh masyarakat seluruh dunia.
Musik Amerika Latin lahir sejak 1857
Ciptaan-ciptaan pencipta pada waktu itu dengan pengaruh latin adalah antara lain dari George Bizets Hababera dari opera Carmen (1875); Scott Joplin’s Mexican Serenade, Solace (1902); Maurice Ravels Rapsodie Espagnole (1907), dan Bolero (1928).
Musik pop latin dimulai sejak dansa latin dikenal, yaitu sejak tahun 1920 juga. Dansa Tango menjadi salah satu balroom dance yang terkenal pada tahun 1920 di Amerika maupun Eropa, di mana lagu Tango yang bertangga nada minor dan melankolik, serta step dansa yang agresif. Setelah itu tahuj 1930 dan 1940 berkembang menjadi salah satu musik yang digemari di dunia, dengan tokoh seperti Xavier Cugat, Peres Prado, dlsb. Irama yang berkembang pada waktu itu adalah Rhumba, Samba, Conga, Salsa, Mambo, dlsb.

ciri-ciri musik pop

musik pop standar. ciri-ciri: - melodi mudah diterapkan dengan berbagai karakter musik pop kreatif. ciri-ciri: musik pop kreatif adalah musik pop yang microsoft word - ciri-ciri dari musik jenis ini adalah lagunya yang panjang-panjang dan tema musik yang piringan hitam (records) di indonesia tidak populer dan mahal. microsoft word - program dan musik yang memiliki ciri-ciri tertentu oleh stasiun radio. terdapat sedikitnya 10 format siaran yang populer, tertua dan melahirkan microsoft word - mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas dari musik mancanegara memilih lagu pop mancanegara berdasarkan periodisasi waktu microsoft word - membedakan keunikan lagu etnik daerah dan lagu pop daerah setempat. seni musik. mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah setempat. seni musik microsoft word - kemasan program yang menjadi ciri dari sebuah stasiun radio yang dapat dilihat dari siaran kata musik pop. klasik. jazz. informasipun bermacam-macam. microsoft word - dimana kesederhanaan dalam struktur musik yang kokoh menjadi ciri khasnya. “musik yang kami usung di album ini punya konsepnya pop alternatif. microsoft word - standar kompetensi : memainkan instrumen musik drum leveling i. kode kompetensi : a. alokasi waktu : 256 x 45 menit .pop. - kisah seorang pramuria (the mercys) style musik dapat dimainkan sesuai dengan ciri-ciri gaya karakternya.....

contoh musik pop


ciri-ciri musik reggae

Drum dan perkusi lainnya
Sebuah standar drum kit yang umumnya digunakan dalam reggae, tapi snare drum sering disetel sangat tinggi untuk memberikan suara timbales-tipe. Beberapa drumer reggae menggunakan timbale tambahan atau snare tinggi disetel untuk mendapatkan suara ini. Cross tongkat teknik pada snare drum yang umum digunakan, dan drum tom-tom sering dimasukkan ke dalam genderang itu sendiri.
Reggae drumbeats jatuh ke dalam tiga kategori utama: Satu drop, Rockers dan Steppers. Dengan turunnya Satu, penekanannya adalah sepenuhnya pada ketukan ketiga bar (biasanya di snare, atau sebagai pinggiran tembakan dikombinasikan dengan bass drum). satu Beat benar-benar kosong, yang tidak biasa dalam musik populer. Ada beberapa kontroversi tentang apakah reggae harus dihitung sehingga mengalahkan ini jatuh pada tiga, atau apakah itu harus dihitung setengah lebih cepat, sehingga jatuh pada dua dan empat. Leroy “Horsemouth” Wallace menyebut mengalahkan “2-4 kombinasi”. Banyak kredit Carlton Barrett dari The Wailers sebagai pencipta gaya ini. Contoh dimainkan oleh Barret dapat didengar di Bob Marley dan lagu Wailers “One Drop”. Barrett sering digunakan sebuah triplet lintas ritme yang tidak biasa pada hi-hat, yang dapat didengar pada banyak rekaman oleh Bob Marley dan The Wailers, seperti “Running Away” di album Kaya.
Penekanan pada mengalahkan tiga adalah di semua drumbeats reggae, tetapi dengan Rockers memukul, penekanan juga pada mengalahkan satu (biasanya pada bass drum). Ini mengalahkan dirintis oleh Sly dan Robbie, yang kemudian membantu menciptakan “Gosokkan-a-Dub” suara yang sangat dipengaruhi dancehall. Contoh prototipikal gaya ditemukan di Sly Dunbar’s drum pada “Hak Time” oleh Mighty Diamonds. Mengalahkan Rockers tidak selalu mudah, dan berbagai syncopations sering disertakan. Contoh dari ini adalah Black Uhuru lagu “Sponji Reggae.”
Dalam Steppers, bass drum memainkan empat beats padat ke bar, memberikan mengalahkan drive terus-menerus. Contohnya adalah “Keluaran” oleh Bob Marley dan The Wailers. Nama lain yang umum untuk mengalahkan Steppers adalah “empat di lantai.” 1975 lagu Burning Spear’s “Red, Gold, dan Green” (dengan Leroy Wallace pada drum) adalah salah satu contoh awal. Mengalahkan Steppers diadopsi (di tempo lebih tinggi) oleh beberapa 2 band ska kebangkitan Nada dari akhir 1970-an dan awal 1980-an.
Karakteristik yang tidak biasa dari reggae drum adalah bahwa drum mengisi sering tidak diakhiri dengan simbal klimaks. Berbagai macam instrumen perkusi lainnya digunakan dalam reggae. Bongos sering digunakan untuk bermain bebas, improvisasi pola, dengan penggunaan berat Afrika-gaya cross-irama. Cowbells, kastanyet dan pelopor cenderung memiliki lebih peran pasti dan pola yang ditetapkan.
Bas
Gitar bass sering memainkan peran yang sangat dominan dalam reggae, dan drum dan bass sering disebut Riddim (irama). Beberapa penyanyi reggae telah merilis lagu yang berbeda direkam selama Riddim yang sama. Peran sentral dari bass bisa sangat didengar dalam musik dub – yang memberikan peran yang lebih besar untuk drum dan bass, mengurangi vokal dan instrumen lainnya untuk peran perifer. Suara bass di reggae adalah tebal dan berat, dan menyamakan kedudukan sehingga frekuensi atas dikeluarkan dan frekuensi yang lebih rendah ditekankan. Garis bass sering merupakan riff dua-bar sederhana yang berpusat di sekitar catatan yang tebal dan terberat.
Guitars
Gitar di reggae biasanya memainkan akord pada ketukan dua dan empat, seorang tokoh musik yang dikenal sebagai pelacur atau ‘bang’ itu. Memiliki sangat basah, pendek dan gatal memotong suara, hampir seperti alat musik perkusi. Kadang-kadang ganda memotong digunakan ketika gitar masih memainkan beats off, tetapi juga memainkan ketukan 8 berikut pada stroke-up. Contohnya adalah intro untuk “Aduk It Up” oleh The Wailers. Artis dan produser Derrick Harriot berkata, “Apa yang terjadi adalah hal musik itu nyata luas, tetapi hanya di kalangan semacam orang tertentu. Itu adalah hal yang selalu down-kota, tetapi lebih dari sekedar mendengar musik. Peralatan itu begitu kuat dan getaran yang begitu kuat sehingga kita merasakannya. ”
Keyboard
Dari akhir 1960-an hingga awal 1980-an, piano umumnya digunakan dalam reggae untuk melipatgandakan pelacur ritme gitar itu, memainkan akord dalam gaya staccato untuk menambah tubuh, dan sesekali bermain ekstra mengalahkan, berjalan dan riff. Bagian piano banyak diambil alih oleh synthesizer pada 1980-an, meskipun synthesizer telah digunakan dalam peran perifer sejak tahun 1970 untuk bermain melodi insidental dan countermelodies. band yang lebih besar mungkin termasuk baik sebagai keyboardist tambahan, untuk menutup atau mengganti garis tanduk dan melodi, atau kibor utama mengisi peran-peran ini pada dua atau lebih keyboard.
Shuffle reggae-organ adalah unik untuk reggae. Biasanya, suara Hammond organ-gaya yang digunakan untuk memainkan akord dengan nuansa berombak. Ini dikenal sebagai gelembung. Ada pengaturan drawbar spesifik digunakan pada konsol Hammond untuk mendapatkan suara yang benar. Ini mungkin paling sulit irama keyboard reggae. Beats 8 yang dimainkan dengan pola ruang-kiri-kanan-kiri-space-kiri-kanan-kiri, di mana ruang merupakan downbeats tidak bermain-yang kiri-kanan-kiri jatuh pada ee-dan-a.
Tanduk
Tanduk bagian sering digunakan dalam reggae, sering bermain perkenalan dan kontra-melodi. Instrumen termasuk dalam bagian tanduk khas reggae termasuk saksofon, terompet atau trombone. Dalam beberapa kali lebih, tanduk nyata kadang-kadang diganti pada reggae oleh synthesizer atau sampel direkam. Bagian tanduk sering diatur sekitar tanduk pertama, memainkan melodi melodi sederhana atau counter. Tanduk pertama biasanya disertai dengan tanduk kedua memainkan frase melodi yang sama dalam unision, satu oktaf lebih tinggi. Tanduk ketiga biasanya memainkan melodi satu oktaf dan seperlima lebih tinggi dari tanduk pertama. Tanduk umumnya dimainkan cukup lirih, biasanya menghasilkan suara menenangkan. Namun, terkadang punchier, frase keras yang dimainkan untuk tempo up dan suara yang lebih agresif.
Vokal
Vokal di reggae kurang dari ciri khas genre daripada instrumentasi dan irama, karena hampir setiap lagu dapat dilakukan dalam gaya reggae. Namun, sangat umum bagi reggae yang akan dinyanyikan dalam logat Jamaika, Inggris Jamaika, dan dialek Iyaric. Vokal harmoni bagian sering digunakan, baik di seluruh melodi (seperti dengan band-band seperti Diamonds Perkasa), atau sebagai tandingan ke garis vokal utama (seperti dengan kelompok dukungan I-Threes). Reggae band Inggris Steel Pulse digunakan vokal latar sangat kompleks. Sebuah aspek yang tidak biasa bernyanyi reggae adalah bahwa banyak penyanyi menggunakan tremolo (osilasi volume) daripada vibrato (osilasi pitch). eksponen Terkemuka dari teknik ini termasuk Dennis Brown dan Horace Andy. Gaya vokal pemanggangan adalah unik untuk reggae, berasal ketika DJ improvisasi bersama untuk menjuluki trek, dan umumnya dianggap menjadi pelopor untuk rap. Ini berbeda dari rap terutama dalam hal itu umumnya melodi, sementara rap umumnya lebih bentuk lisan tanpa isi melodi.
Liris tema
Reggae terkenal karena tradisi kritik sosial dalam lirik, walaupun banyak lagu-lagu reggae membahas lebih ringan, mata pelajaran yang lebih pribadi, seperti cinta dan bersosialisasi. Banyak band reggae awal ditutupi Motown jiwa atau Atlantik dan lagu-lagu funk. Beberapa lyrics reggae upaya untuk meningkatkan kesadaran politik dari para penonton, seperti dengan mengkritik materialisme, atau dengan menginformasikan pendengar tentang subyek kontroversial seperti Apartheid. Banyak lagu-lagu reggae mempromosikan penggunaan ganja (juga dikenal sebagai ramuan, ganja, atau sensimilia), dianggap sebagai sakramen dalam gerakan Rastafari. Ada banyak seniman yang memanfaatkan tema-tema keagamaan dalam musik mereka – apakah itu membahas topik agama tertentu, atau hanya memberikan pujian kepada Tuhan (Jah). Topik lainnya sosio-politik bersama dalam lagu reggae termasuk nasionalisme hitam, anti-rasisme, anti-kolonialisme, anti-kapitalisme dan kritik terhadap sistem politik dan “Babel”.
Kritik lirik dancehall, dan ragga
Beberapa seniman dancehall, dan ragga telah dikritik karena homofobia, termasuk ancaman kekerasan. lagu Buju Banton’s “Boom Bye-Bye” menyatakan bahwa kaum gay “mati haffi”. dancehall seniman terkenal lain yang telah dituduh homophobia termasuk Elephant Man, Bounty Killer dan Beenie Man. Kontroversi seputar lyrics anti-gay telah menyebabkan pembatalan tur Inggris oleh Beenie Man dan Sizzla. Toronto, Kanada juga melihat pembatalan konser karena artis seperti Elephant Man dan Sizzla menolak untuk menyesuaikan diri dengan tekanan sensor serupa.
Setelah lobi dari koalisi Musik Pembunuhan Berhenti, industri musik dancehall setuju pada tahun 2005 untuk menghentikan merilis lagu yang mempromosikan kebencian dan kekerasan terhadap kaum gay. Pada bulan Juni 2007, Beenie Man, Sizzla dan Capleton mendaftar ke Reggae Pengasih Undang-Undang, dalam kesepakatan yang ditengahi dengan promotor dancehall atas dan aktivis Pembunuhan Musik Berhenti. Mereka meninggalkan homofobia dan sepakat untuk “tidak membuat pernyataan atau melakukan lagu-lagu yang memicu kebencian atau kekerasan terhadap siapa pun dari masyarakat”. Lima seniman ditargetkan oleh kampanye anti-homofobia tidak mendaftar untuk bertindak, termasuk Elephant Man, TOK, Bounty Killa, Vybz Kartel dan Buju Bantul.

sejarah musik reggae

SEJARAH MUSIK REGGAE

"Musik Jamaica Pendahulu"


Menurut
sejarah Jamaica, budak yang membawa drum dari Africa disebut "Burru"
yang jadi bagian aransemen lagu yang disebut "talking drums" (drum yang
bicara) yang asli dari Africa Barat. "Jonkanoo" adalah musik budaya
campuran Afrika, Eropa dan Jamaika yang terdiri dari permainan drum,
rattle (alat musik berderik) dan conch tiup. Acara ini muncul saat
natal dilengkapi penari topeng. Jonkanoos pada awalnya adalah tarian
para petani, yang belakangan baru disadari bahwa sebenarnya mereka
berkomunikasi dengan drum dan conch itu. Tahun berikutnya, Calypso dari
Trinidad & Tobago datang membawa Samba yang berasal dari Amerika
Tengah dan diperkenalkan ke orang - orang Jamaika untuk membentuk
sebuah campuran baru yang disebut Mento. Mento sendiri adalah musik
sederhana dengan lirik lucu diiringi gitar, banjo, tambourine, shaker,
scraper dan rumba atau kotak bass. Bentuk ini kemudian populer pada
tahun 20 dan 30an dan merupakan bentuk musik Jamaika pertama yang
menarik perhatian seluruh pulaunya. Saat ini Mento masih bisa dinikmati
sajian turisme. SKA yang sudah muncul pada tahun 40 - 50an sebenarnya
disebutkan oleh History of Jamaican Music, dipengaruhi oleh Swing,
Rythym & Blues dari Amrik. SKA sebenarnya adalah suara big band
dengan aransemen horn (alat tiup), piano, dan ketukan cepat "bop". Ska
kemudian dengan mudah beralih dan menghasilkan bentuk tarian "skankin"
pad awal 60an. Bintang Jamaica awal antara lain Byron Lee and the
Dragonaires yang dibentuk pada 1956 yang kemudian dianggap sebagai
pencipta "ska". Perkembangan Ska yang kemudian melambatkan temponya
pada pertengahan 60an memunculkan "Rock Steady" yang punta tune bass
berat dan dipopulerkan oleh Leroy Sibbles dari group Heptones dan
menjadi musik dance Jamaika pertama di 60an.

"Reggae N Rasta"

Bob
Marley tentunya adalah bintang musik "dunia ketiga" pertama yang jadi
penyanyi group Bob Marley & The Wailers dan berhasil memperkenalkan
reggae lebih universal. Meskipun demikian, reggae dianggap banyak orang
sebagai peninggalan King of Reggae Music, Hon. Robert Nesta Marley.
Ditambah lagi dengan hadirnya "The Harder they Come" pada tahun 1973,
Reggae tambah dikenal banyak orang. Meninggalnya Bob Marley kemudian
memang membawa kesedihan besar buat dunia, namun penerusnya seperti
Freddie McGregor, Dennis Brown, Garnett Silk, Marcia Fiffths dan Rita
Marley serta beberapa kerabat keluarga Marley bermunculan. Rasta adalah
jelas pembentuk musik Reggae yang dijadikan senjata oleh Bob Marley
untuk menyebarkan Rasta keseluruh dunia. Musik yang luar biasa ini
tumbuh dari ska yang menjadi elemen style American R&B dan
Carribean. Beberapa pendapat menyatakan juga ada pengaruh : folk music,
musik gereja Pocomania, Band jonkanoo, upacara - upacara petani, lagu
kerja tanam, dan bentuk mento. Nyahbingi adalah bentuk musik paling
alami yang sering dimainkan pada saat pertemuan - pertemuan Rasta,
menggunakan 3 drum tangan (bass, funde dan repeater : contoh ada di
Mystic Revelation of Rastafari). Akar reggae sendiri selalu menyelami
tema penderitaan buruh paksa (ghetto dweller), budak di Babylon, Haile
Selassie (semacam manusia dewa) dan harapan kembalinya Afrika. Setelah
Jamaica merdeka 1962, buruknya perkembangan pemerintahan dan pergerakan
Black Power di US kemudian mendorong bangkitnya Rasta. Berbagai
kejadian monumentalpun terjadi seiring perkembangan ini.

"Apa sih Reggae"

Reggae
sendiri adalah kombinasi dari iringan tradisional Afrika, Amerika dan
Blues serta folk (lagu rakyat) Jamaika. Gaya sintesis ini jelas
menunjukkan keaslian Jamaika dan memasukkan ketukan putus - putus
tersendiri, strumming gitar ke arah atas, pola vokal yang 'berkotbah'
dan lirik yang masih seputar tradisi religius Rastafari. Meski banyak
keuntungan komersial yang sudah didapat dari reggae, Babylon (Jamaika),
pemerintah yang ketat seringkali dianggap membatasi gerak namun bukan
aspek politis Rastafarinya. "Reg-ay" bisa dibilang muncul dari anggapan
bahwa reggae adalah style musik Jamaika yang berdasar musik soul
Amerika namun dengan ritem yang 'dibalik' dan jalinan bass yang
menonjol. Tema yang diangkat emang sering sekitar Rastafari, protes
politik, dan rudie (pahlawan hooligan). Bentuk yang ada sebelumnya (ska
& rocksteady) kelihatan lebih kuat pengaruh musik Afrika -
Amerika-nya walaupun permainan gitarnya juga mengisi 'lubang - lubang'
iringan yang kosong serta drum yang kompleks. Di Reggae kontemporer,
permainan drum diambil dari ritual Rastafarian yang cenderung mistis
dan sakral, karena itu temponya akan lebih kalem dan bertitik berat
pada masalah sosial, politik serta pesan manusiawi.

"Ngga asli Jamaika lho!"

Reggae
memang adalah musik unik bagi Jamaika, ironisnya akarnya berasal dari
New Orleans R&B. Nenek moyang terdekatnya, ska berasal berasal dari
New Orleans R&B yang didengar para musisi Jamaika dari siaran radio
Amrik lewat radio transistor mereka. Dengan berpedoman pada iringan
gitar pas - pasan dan putus - putusadalah interprestasi mereka akan
R&B dan mampu jadi populer di tahun 60an. Selanjutnya semasa musim
panas yang terik, merekapun kepanasan kalo musti mainin ska plus
tarinya, hasilnya lagunya diperlambat dan lahirlah Reggae. Sejak itu,
Reggae terbukti bisa jadi sekuat Blues dan memiliki kekuatan
interprestasi yang juga bisa meminjam dari Rocksteady (dulu) dan bahkan
musik Rock (sekarang). Musik Afrika pada dasarnya ada di kehidupan
sehari-hari, baik itu di jalan, bus, tempat umum, tempat kerja ato
rumah yang jadi semacam semangat saat kondisi sulit dan mampu
memberikan kekuatan dan pesan tersendiri. Hasilnya, Reggae musik bukan
cuma memberikan relaksasi, tapi juga membawa pesan cinta, damai,
kesatuan dan keseimbangan serta mampu mengendurkan ketegangan.

"It's Influences"


Saat
rekaman Jamaika telah tersebar ke seluruh dunia, sulit rasanya
menyebutkan berapa banyak genre musik popular sebesar Reggae selama dua
dekade. Hits - hits Reggae bahkan kemudian telah dikuasai oleh bintang
Rock asli mulai Eric Clapton sampai Stones hingga Clash dan Fugees.
Disamping itu, Reggae juga dianggap banyak mempengaruhi pesona tari
dunia tersendiri. Budaya 'Dancehall' Jamaika yang menonjol plus sound
system megawatt, rekaman yang eksklusif, iringan drum dan bass, dan
lantunan rap dengan iringannya telah menjadi budaya tari dan tampilan
yang luar biasa. Inovasi Reggae lainnya adalah Dub remix yang sudah
diasimilasi menjadi musik populer lainnya lebih luas lagi.

Sumber : Tabloid Hot Music

Contoh Musik Reggae